Minggu, 06 Mei 2012

Wisata Air Terjun Curug Nangka dan Curug Kawung-Bogor



    curug nagka                                       curug kawung


Curug nangka adalah kawasan wisata air terjun yang terletak di Ciapus, Bogor Jawa Barat. Tempat wisata ini berjarak sekitar 25 km dari kota bogor melalui ciapus yang bisa di tempuh selama 30-45 menit dengan menggunakan sepeda motor hingga pintu gerbang lalu di lanjutkan dengan jalan kaki kira-kira 1,5 km. Di dalam taman wisata curug nangka terdapat 2 air terjun yaitu curug nangka dan curug kawung yang masing-masing memiliki ketinggian antara 10-20 meter, jarak antara curug nangka dan curug kawung sekitar 100 meter dengan keadaan jalan yang turun naik dan berkelok-kelok. Kedua curug ini berada di kaki Gunung Salak pada ketinggian sekitar 750 meter dari permukaan laut dengan curah hujan 4000mm/tahun dengan suhu udara 20-22 C.  
     
Pasti penasaran dong dengan nama curug nangka dan curug kawung, coba kalian pikirkan apa yang ada di pikiran anda, biar lebih cepat saya akan menceritakan asal mula nama curug nangka.

                Dulu di sekitar air terjun tersebut di kelilingi banyak pohon nangka yang mempunyai buah berukuran besar. Tapi seiring berjalannya waktu pohon-pohon nangka tersebut hilang begitu saja tanpa ada penebangan(agak berbau mistik gitu lah). Awalnya curug ini di hanya sebagai tempat untuk  berkemah tapi sekarang menjadi tempat wisata yang banyak di kunjungi orang-orang. Curug ini mulai dibuka pada tahun 80-an dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak sehingga pengelola tempat wisata tersebut membuka curug baru yang terletak 100 meter dari curug nangka yang di namakan Curug Kawung, asal mula nama curug kawung tidak beda jauh dengan curug nangka dimana di sekitar curug tersebut tumbuh banyak pohon kawung yang seiring berjalannya waktu pohon-pohon kawung tersebut menghilang tanpa ada penebangan,  tidak semua pohon-pohon kawung tersebut menghilang tapi masih ada beberapa pohon yang masih tumbuh dan berada di atas tebing-tebing.

                Berdasarkan informasi yang saya dapat dari salah seorang yang berjualan di sekitar curug tersebut bahwa pengunjung tempat wisata tersebut pada hari kerja berkisar 100 sampai 150 orang, tetapi pengunjung melonjak pada hari sabtu dan minggu bisa mencapai 1000 orang pengunjung dan yang paling ramainya di hari lebaran dan tahun baru.

                Keunikan tempat wisata tersebut terdapat banyak monyet-monyet yang berkeliaran dan dapat dengan mudah kita temui. Hal yang paling saya ingat adalah makanan saya di ambil oleh salah satu monyet disana. Selamat berkunjung yaa!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar